Berjudi dengan greenback yang perkasa

Kerusuhan yang diperkirakan merusak pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Praha. Tetapi keputusan terbesar dibuat sebelumnya: intervensi dalam minyak dan, yang lebih penting, pasar valuta asing

MOLOTOV koktail, gas air mata, mobil yang terbakar, puluhan demonstran yang terluka dan polisi: selama beberapa jam pada tanggal 26 September, pemandangan di Praha, tempat yang beruntung untuk pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia tahun ini, sama jeleknya dengan malapetaka apa pun yang diprediksi. Sekitar 11.000 polisi, dengan peralatan anti huru hara penuh, menghadapi sekitar 10.000 pengunjuk rasa yang marah dari seluruh Eropa.

Di antara mereka adalah sosialis Jerman, komunis Norwegia, kiri Kristen Perancis, anarkis Spanyol, anggota serikat Yunani, hijau dari seluruh, anti-vivisectionists Inggris dalam gaun koktail merah muda, seorang pria Swiss telanjang, dan seorang labrador hitam asal tidak diketahui membawa (kecil ) spanduk berpagar melawan “Dana Misery Internasional” —tetapi hampir tidak ada orang Ceko. Sebuah serangan di jembatan yang mengarah ke pusat kongres ditangkis oleh polisi. Dan, seperti biasa, restoran McDonald’s hancur.