Trump meluncurkan serangan baru terhadap Apple atas privasi

US President Donald Trump (r) and Apple CEO Tim Cook speak to the press during a tour of the Flextronics computer manufacturing facility.

Trump meluncurkan serangan baru terhadap Apple atas privasi

Dia tweeted bahwa perusahaan itu menolak untuk membuka kunci iPhone “digunakan oleh para pembunuh, pengedar narkoba dan elemen kriminal kekerasan lainnya”.

Pada hari Senin, Jaksa Agung AS William Barr menuduh Apple tidak membantu dalam penyelidikan penembakan yang diperlakukan sebagai tindakan teroris.

Ini adalah yang terbaru dalam serangkaian bentrokan antara Gedung Putih dan raksasa teknologi atas akses ke data.

Trump menuduh Apple menolak untuk bekerja sama dengan penyelidik meskipun pemerintahannya membantu perusahaan dalam perdagangan dan masalah lainnya.

Komentar presiden itu datang sehari setelah Barr mengatakan Apple gagal memberikan “bantuan substantif” untuk membuka dua iPhone dalam penyelidikan penembakan fatal di pangkalan angkatan laut di Pensacola, Florida.

Tiga pelaut AS tewas ketika seorang peserta pelatihan Saudi di pangkalan melepaskan tembakan pada 6 Desember.

Apple mengatakan pihaknya menolak klaim bahwa mereka gagal membantu para pejabat dalam penyelidikan mereka.

“Tanggapan kami terhadap banyak permintaan mereka sejak serangan itu tepat waktu, menyeluruh dan sedang berlangsung,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan pertama kalinya Apple berselisih dengan departemen kehakiman AS. Setelah penembakan massal di San Bernardino, California pada 2015, di mana 14 orang tewas dan 22 lainnya terluka parah, Apple menolak untuk membantu mendapatkan akses ke iPhone pria bersenjata itu.

Pemerintah AS akhirnya membayar perusahaan lain $ 1 juta (£ 770.000) yang dilaporkan untuk mengembangkan perangkat lunak untuk menyiasati enkripsi perangkat.

Perselisihan tersebut menyoroti ketidaksepakatan yang sedang berlangsung antara industri teknologi dan lembaga penegak hukum di seluruh dunia.

Di satu sisi enkripsi memainkan peran penting dalam melindungi privasi orang, di sisi lain enkripsi dapat menyebabkan masalah besar bagi penyelidik kriminal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *