Tesco menghadapi ancaman peraturan Thailand terhadap kesepakatan $ 10 miliar

Tesco Lotus store in Thailand

Tesco menghadapi ancaman peraturan Thailand terhadap kesepakatan $ 10 miliar

Rantai supermarket memiliki hampir 2.000 outlet di Thailand dan Malaysia yang berharap dibeli oleh tiga kelompok Thailand.

Namun, penawar yang berhasil dapat menghadapi rintangan peraturan dari badan anti-persaingan baru Thailand.

Komisi perdagangan yang adil di negara itu mengatakan bahwa pemenang tender dapat memiliki lebih dari setengah sektor di negara ini.

Sakon Varanyuwatana, ketua Komisi Persaingan Perdagangan Kantor Thailand, mengatakan kepada saya: “Ukuran tawaran ini dan skalanya berarti bahwa siapa pun yang berpotensi membeli aset Tesco dapat memiliki lebih dari 50% kenyamanan, supermarket, dan ritel hypermarket pemandangan.”
Memonopoli pasar

Aturan persaingan sehat Thailand mengatakan bahwa jika merger memberi perusahaan lebih dari setengah dari total pangsa pasar, perusahaan tersebut harus meminta izin dari komisi perdagangan adil negara tersebut.

Jika melanggar hukum, maka itu bisa dipukul dengan denda tidak lebih dari 0,5% dari nilai transaksi merger.

Semua kelompok yang telah menyatakan minat untuk membeli Tesco adalah pengecer besar di Thailand, sehingga menghadapi risiko memonopoli pasar hingga tingkat yang berbeda-beda.

Grup CP, Grup Pusat dan Grup TCC semua dipahami sedang dalam proses, menurut BBC.

Tesco telah mempertimbangkan penjualan 2.000 gerai ritelnya di Thailand dan Malaysia sejak tahun lalu karena minat dari calon penawar, yang tidak akan disebutkan namanya.

CP Group dan Central Group tidak akan berkomentar ketika dihubungi oleh BBC, sedangkan TCC Group belum menanggapi.

Aturan anti-persaingan bisa berarti Tesco mungkin tidak mendapatkan harga yang diinginkan untuk toko.
Apa yang dipertaruhkan?

Mayoritas toko Tesco di Asia berada di Thailand dan merupakan 28% dari pasar grosir negara itu, menurut laporan oleh Euromonitor pada tahun 2018. Mereka beroperasi di bawah merek Tesco Lotus.

Bisnis Thailand sendiri diperkirakan bernilai antara $ 6 milyar dan $ 8 milyar, dan dapat memberikan penawar yang sukses akses ke rantai pasokan yang dalam di antara para petani Thailand, memungkinkan mereka untuk menetapkan harga untuk pemasok dan pelanggan.

Saham Tesco telah melompat pada spekulasi tentang tawaran untuk bisnis Thailand dan Malaysia, yang saya telah diberitahu bisa mendapatkan hingga $ 10 miliar.

Tawaran akan jatuh tempo pada hari Rabu, tetapi mereka harus diserahkan ke kantor anti-kompetisi Thailand pada saat yang sama, menurut Mr Sakon.

“Setiap penawar harus mendapat persetujuan dari kami terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka telah melakukan uji tuntas dan menganalisis dampak pembelian mereka terhadap lanskap ritel di sektor mereka dan untuk memastikan bahwa itu tidak mengarah pada monopoli atau anti -kompetitif, “katanya padaku.

Dia juga mengkonfirmasi bahwa beberapa perusahaan yang disebutkan di media telah melakukan penyelidikan dengan kantornya mengenai proses penawaran dan persetujuan.

“Mereka ingin klarifikasi tentang prosedur yang harus mereka persiapkan,” katanya. “Penawar dapat mengajukan penawaran ke Tesco secara bersamaan jika mereka memenuhi kriteria yang ditentukan dalam pemberitahuan kami.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *